Minggu ke 6
1. Sebutkan perbedaan jenis pasar dan masing – masing beri 3
contoh
v
Pengertan Pasar
Pasar adalah salah satu dari
berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana
usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan
uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti
uang fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian. Ini adalah
pengaturan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk item pertukaran.
Persaingan sangat penting dalam pasar, dan memisahkan pasar dari perdagangan.
Dua orang mungkin melakukan perdagangan, tetapi dibutuhkan setidaknya tiga
orang untuk memiliki pasar, sehingga ada persaingan pada setidaknya satu dari
dua belah pihak. Pasar bervariasi dalam ukuran, jangkauan, skala geografis,
lokasi jenis dan berbagai komunitas manusia, serta jenis barang dan jasa yang
diperdagangkan.
·
Beberapa contoh termasuk pasar petani
lokal yang diadakan di alun-alun kota atau tempat parkir, pusat perbelanjaan
dan pusat perbelanjaan, mata uang internasional dan pasar komoditas, hukum
menciptakan pasar seperti untuk izin polusi, dan pasar ilegal seperti pasar
untuk obat-obatan terlarang.
v
Jenis – Jenis Pasar
Ø
Pasar Konsumen, sekelompok
pembeli yang membeli barang untuk dikonsumsi, bukan dijual atau diproses lebih
lanjut.
Ø
Pasar Industri, Pasar yang
terdiri dari individu dan lembaga atau organisasi yang membeli barang untuk
dipakai lagi, baik langsung maupun tidak langsung, dalam memproduksi barang
lain kemudian dijual.
Ø Pasar Penjual , Individu dan organisasi yang membeli
barang untuk di jual lagi atau disewakan untuk mendapatkan laba.
Ø Pasar Pemerintah, pasar dimana terdapat lembaga
pemerintah, seperti Departemen, Direktorat, Kantor Dinas, dan Instansi lain.
2.
Buatlah skema bauran pemasaran ?
Skema Bauran
Pemasaran
3. Sebutkan dan jelaskan tujuan sistem pemasaran ?
v Tujuan Pemasaran di bedakan menjadi 3 :
1) Memaksimumkan Konsumsi, Pekerjaan Pemasaran adalah memudahkan
dan merangsang konsumsi maksimum, akhirnya menciptakan produksi, kesempatan
kerja, dan kemakmuran maksimum.
2)
Memaksimumkan Kepuasan
Konsumen, Tujuan
sistem pemasaran lain adalah memaksimumkan kepuasan konsumen, bukan konsumsi.
Tetapi mengukur kepuasan konsumen tidak mudah belum adanya tolak ukur kepuasan
dari produk pada individu, kepuasan dari produk atau jasa yang baik diimbangi
oleh kejelekkan dari pencemaran lingkungan, kepuasan yang diterima seseorang
tergantung dari sedikitnya orang lain memiliki barang tersebut.
3)
Memaksimumkan Mutu Hidup, termasuk di dalamnya
kualitas, kuantitas, ketersediaan, harga pokok barang ( mutu lingkungan fisik
dan multu lingkungan kultur ).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar